Tips: Cara Menabung yang Baik dan Benar ! Simak ya


Tips: Cara Menabung yang Baik dan Benar
Tips: Cara Menabung yang Baik dan Benar

 
      Dulu sewaktu anda masih kecil mungkin kita mendengar kata-kata dari orangtua kita mengenai “AYO MENABUNG”, akan tetapi saya berani jamin bahwa kebanyakan dari anda sampai saat ini masih kesulitan dalam hal menabung. Kesalahan orangtua anda dalam mengajak anda menabung adalah mereka tidak memberitahu kepada anda bagaimana cara menabung yang baik dan benar oleh orang-orang seperti anda.
       Sebelumnya, anda harus mengenal mengenai konsep “KAYA”, menurut Robert T. Kiyosaki jika anda ingin menjadi kaya, yang menjadi masalah bukanlah berapa uang yang anda hasilkan melainkan berapa uang yang anda simpan. Ini merupakan sebuah konsep yang wajib anda ketahui untuk memperbaiki pemikiran anda. Oleh karena itu, pada kesempatan kali ini saya akan memberikan beberapa tips bagi anda yang kesulitan untuk menabung mengenai bagaimana cara menabung yang baik dan benar yang telah diungkapkan oleh salah satu channel youtube yaitu SuccessBefore30:


        1.       Tentukan Tujuan Menabung
Tips: Cara Menabung yang Baik dan Benar
Tips: Cara Menabung yang Baik dan Benar

Untuk meningkatkan motivasi anda dalam menabung, tentunya anda harus memiliki tujuan dalam melakukan hal tersebut. Dalam menentukan tujuan menabung anda harus tau bahwa tujuan tersebut adalah tujuan jangka panjang yang bermanfaat untuk menghasilkan uang kembali di kemudian hari sehingga asset anda dapat bertambah seiring dengan berjalannya waktu. Contoh tujuan menabung yang baik adalah menabung untuk membuka suatu bisnis atau menabung untuk dapat berinvestasi di kemudian hari.
        2.       Konsistensi
 
Tips: Cara Menabung yang Baik dan Benar
Tips: Cara Menabung yang Baik dan Benar

Ketika kita sudah menentukan tujuan menabung, artinya anda telah memiliki motivasi yang cukup baik untuk menabung dan  selanjutnya adalah kita harus berkomitmen kepada diri kita untuk menabung dengan jumlah yang sama atau lebih SETIAP HARI/BULANnya. Misalnya dalam 1 bulan anda memiliki penghasilan Rp 1.000.000,- maka sisihkanlah minimal 5% dari penghasilan anda setiap bulannya yaitu Rp 50.000,-

        3.       Hilangkan Mindset Uang bisa Didapatkan Di mana saja dan Kapan Saja Saya Butuh
Tips: Cara Menabung yang Baik dan Benar
Tips: Cara Menabung yang Baik dan Benar

Mind set ini akan memberikan dampak yang negatif karena akan menyebabkan anda hanya berpikir untuk hari ini saja dan tidak memperhitungkan masa depan yang sebenarnya masa depan itu masih abu-abu. Misalnya: Saya dulu adalah seorang anak dari pengusaha kaya, dan saya mendapatkan uang saku sebanyak Rp 100.000,- dalam satu hari. Karena saya orang yang terbiasa hidup mewah dan serba mudah saya tidak memikirkan apa yang dapat terjadi di kemudian hari. Lalu tiba-tiba perusahaan orangtua saya bangkrut dan saya tidak memiliki tabungan sama sekali untuk mempermudah saya dan orangtua saya untuk bangkit dari kesulitan ekonomi yang terjadi. Maka dari itu anda harus menerapkan konsep yang telah disebutkan di paragraf pembuka tadi.

        4.       Tentukan Bentuk Tabungan Anda
Tips: Cara Menabung yang Baik dan Benar
Tips: Cara Menabung yang Baik dan Benar

Jika anda belum bekerja maka saya sarankan untuk menabung dalam bentuk uang/emas, jika anda sudah bekerja saya akan menyarankan anda untuk menabung dalam bentuk emas/surat berharga (Menabung saham, BUKAN bermain saham)/properti.

        5.       Jangan Mengharapkan Bunga dari Bank

Tips: Cara Menabung yang Baik dan Benar
Tips: Cara Menabung yang Baik dan Benar
Anda mungkin sering mendengar mengenai menabunglah di bank, hal tersebut mungkin memang tidak salah, akan tetapi jangan pernah mengharapkan bunga dari bank karena hal tersebut tidak akan berdampak pada aset anda bahkan hanya akan membuat nilainya menurun jika jumlah tabungan anda kecil. Selanjutnya saya akan berbicara menganai bagaimana caranya kita menabung emas hanya dengan menggunakan uang Rp 5.000,- silahkan dibuka di sini.

           Hal yang perlu anda perhatikan mengenai menabung adalah temukanlah mengapa uang yang anda dapatkan cepat habis ? Diskusikanlah di kolom komentar dan saya akan mencoba menjawabnya dan memberikan solusi yang tepat bagi anda! Jika artikel ini mermanfaat, mohon share artikel ini untuk mendukung pengembangan blog ini. Terima kasih. Salam Mahasiswa Kreatif Indonesia!




3 comments:

  1. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  2. Akan saya coba deh tips dari sobat ini... Soalnya ketika ane mau nabung, pasti susah terus.. Ternyata ini soal konsistensi dan tujuan menabung (SIP MAS!) .. Ngomong-ngomong sobat dari Jakarta Utara ya? .. Yaudah Salam Blogger se Jakarta Utara, visit blog ane http://www.akbarlaksono.tk/ .. siapa tahu bisa saling berbagi informasi :)

    ReplyDelete
  3. Ane sering nabung tapi di celengan plastik,kalau baru butuh korek sampe dapet alhasil tabungan gak naik-naik

    ReplyDelete

Powered by Blogger.